REPRESENTASI INVITASI HEDONISME GENERASI Z

(ANALISIS WACANA IKLAN LAYANAN PINJAMAN ONLINE ADA KAMI)

Authors

  • Kristin E J Nomleni Universitas Bunda Mulia

Keywords:

Pinjaman Online, Iklan, Financial Technology, Analisis Wacana, Generasi Muda.

Abstract

Dewasa ini masyarakat beradaptasi sesuai perkembangan teknologi informasi, seperti perubahan manajemen keuangan dengan menggunakan financial technology seperti hadirnya pinjaman dana online yang membentuk gaya hidup masyarakat. Statistik Fintech P2P Lending OJK Desember 2022 menunjukkan 62% rekening fintech pendanaan bersama dimiliki nasabah berusia 19-34 tahun. 60% pinjaman dari fintech pendanaan bersama juga disalurkan kepada nasabah usia 19-34 tahun. Artinya pengguna fintech pendanaan bersama didominasi Gen Z dan Milenial (OJK.com, 2023). Hal ini tidak terlepas dari teknik penyebaran informasi iklan layanan pinjaman online melalui media online seperti youtube. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konten iklan pinjaman online dalam penyebaran informasi terkati pengunaan layanan ini yang dapat membentuk sikap hedonism pada generasi muda. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis wacana Sara Mills. Sumber data primer menggunakan studi dokumentasi dan observasi sedangkan sumber data sekunder menggunakan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan dalam konten iklan mengandung 3 unsur representasi invitasi hedonimse yaitu konotasi kesehatan mental, mudah dan praktis bagi keinginan bukan kebutuhan serta belanja dulu biaya belakangan yang menjadi undangan hedonisme pada layanan pinjamm online Ada Kami bagi calon konsumen khususnya generasi muda.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreas, R. 2020. Instagram Dalam Perspektif Masyarakat Tontonan “Gejayan Memanggil”. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(1).

Arvante, J. Z. Y. 2022. Dampak Permasalahan Pinjaman Online dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pinjaman Online. Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 2(1), 73–87.

Debord, G. 1992. The Society of the Spectacle.

Nasiha, Faidatun N., & Yunaldi, A. 2019. Representasi Kecantikan Dalam Iklan Slimmewhite (Studi Wacana Sara Mills) . Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 12(1).

Faletehan, A. F., & Bachtiar, M. A. 2021. Self-healing sebagai Metode Pengendalian Emosi. Journal Na-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1).

Ilyas, N. A., & Nayan, S. M. 2020. Advertisement For Growing Business. Journal of Undergraduate Social Science and Technology, 2(2).

Mawardi, I. 2023. Pengakuan Altaf Terjerat Pinjol Lalu Bunuh Mahasiswa UI: Saya Hopeless... Baca artikel detiknews, "Pengakuan Altaf Terjerat Pinjol Lalu Bunuh Mahasiswa UI: Saya Hopeless... Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-6861160/pengakuan-altaf-terjerat-pinjol-lalu-bunuh-mahasiswa-ui-saya-hopeless

Melani, A. 2023. 2,3 Juta Warga Jakarta Utang ke Pinjol, Nilai Pinjaman Tembus Rp 10 Triliun. Liputan6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5334923/23-juta-warga-jakarta-utang-ke-pinjol-nilai-pinjaman-tembus-rp-10-triliun

OJK.com. 2023. Mengapa Gen Z Dan Generasi Milenial Cenderung Lebih Suka Berutang? Ojk.Com. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40800#:~:text=Statistik%20Fintech%20P2P%20Lending%20(fintech,nasabah%20usia%2019%2D34%20tahun.

Permatasari, I. 2022. Miskonsepsi Self-Healing pada Generasi Masa Kini. Kumparan.

Puspadini, M. 2023. Beli Tiket Konser Coldplay Pakai Pinjol? OJK Bilang Begini. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230522145512-17-439498/beli-tiket-konser-coldplay-pakai-pinjol-ojk-bilang-begini

Putra, I. G. W. S. C., Agung, H., & Marta, R. F. 2021. Menjajaki Kesadaran Pelanggan Pengguna Aplikasi Kredit Digital dari Aspek Keamanan.

Safura, S. M. 2020. Analisis Semiotika Peirce Dalam Representasi Kecantikan Perempuan Indonesia Pada Iklan Pantene Perfect On Di Situs Web Youtube.

Setianingsih, E. S. 2018. Wabah Gaya Hidup Hedonisme Mengancam Moral Anak. 8(2).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi). Alfabeta.

Surahman, S. 2014. Konstruksi Identitas Postmodern Dalam Iklan La Light Versi “Don’t Quit.” Jurnal Komunikasi, 2(3).

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Wulandari, N. 2022. Generasi Z Si Paling Healing. Unit Pelayanan Dan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2025-01-01